KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul:
“PENGARUH ILMU KOMPUTER, PSIKOLOGI KOGNITIF DAN ILMU ERGONOMI LINGUISTIK TERHADAP IMK”
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
Tim penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, tim penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
Akhirnya tim penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.
Depok, 6 Januari 2011
PENULIS
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
“HCI is about designing computer system that suport people so that, they can carry out their activities, productively, and safety” – jenny preese. Interaksi manusia dan komputer adalah suatu rancangan sistem komputer yang mendukung atau membantu manusia.
“It’s commonly used interchangeably with term such as “man-machine interaction” (MMI), HCI is a study of the interaction between humans and computers. Human computer interaction = interaksi manusia dengan komputer yang secara umum adalah mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dengan komputer.
Antara manusia dengan manusia terjadi interaksi yang beragam caranya. Dapat secara berdialog, menggunakan suatu bahasa yang dikenal antar manusia atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri. Bagaimana manusia dapat berinteraksi atau berdialog dengan komputer? Bagaimana manusia dapat menciptakan suatu dialog yang dapat di mengerti oleh komputer demikian juga sebaliknya?
B. MASALAH
Berdasarkan latar belakang di atas maka timbul masalah :
a) Apa pengertian dari Interaksi manusia dan komputer?
b) Bagaimana pengaruh dari berbagai bidang terhadap interaksi manusia dan komputer?
C. TUJUAN
Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk memahami lebih dalam pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan bidang-bidang ilmu komputer dan psikologi kognitif.
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN IMK
Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface).
IMK dalam konteks kerja dan tugas user melibatkan :
- Desain
- Implementasi
- Evaluasi
IMK berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu atau Yang terlibat dalam IMK adalah
‐ Psikologi dan ilmu kognitif : memberikan dasar pengetahuan tentang persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah.
‐ Ergonomi : kemampuan fisik user
‐ Sosiologi : kemampuan memahami konsep interaksi.
‐ Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi.
‐ Bisnis : pemasaran.
‐ Desain grafis : presentasi interface.
‐ Dan lain-lain.
B. BIDANG ILMU KOMPUTER YANG MEMPENGARUHI IMK
Dalam bidang computer, kita dapat berbicara baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Untuk sisi perangkat keras, pastilah tidak dapat lepas dari dari pembicaraan tentang teknik elektronika, karena dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali aspek yang berhubungan dengan perangkat keras computer. Selain perangkat keras juga perlu adanya dibekali keahlian dari sisi perangkat lunak sehingga kita mampu mengimplementasikan hasil rancangan ke dalam program aplikasi. Dengan kata lain, bidang ini memberikan kita semacam kerangka kerja yang memungkinkan kita untuk merancang sistem Interaksi Manusia-Komputer.
C. BIDANG ILMU PSIKOLOGI KOGNITIF YANG MEMPENGARUHI IMK
Dalam bidang psikologi, diharapkan agar program aplikasi yagn kita susun dapat dimanfaatkan oleh pengguna lain, sebab pengguna sendiri mempunyai sifat yang beraneka ragam sehingga sebagai para perancang sistem IMK juga harus mempelajari aspek psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan pengolahan kognitif serta ketrampilan motorik yang dimilikinya agar kita dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama yang serasi. Psikologi eksperimental menyediakan dasar teknik evaluasi formal untuk mengukur unjuk kerja dan opini terhadap sistem manusia-komputer.
D. BIDANG ILMU ERGONOMIC DAN LINGUISTIK YANG MEMPENGARUHI IMK
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yan nyaman. Bentuk fisik seperti meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk papan ketik, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja, dan beberapa aspek lain akan sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja. meski sifat dari seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja dengan computer karena biasanya Orang yang bekerja di depan terminal komputer biasanya untuk jangka waktu yang cukup lama.
Pada saat user menggunakan komputer, seolah-olah user sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada dihadapan user. Untuk dapat melakukan dialog tentunya kita memerlukan sarana komunikasi yang memadai. Saran komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus misalnya saja bahasa grafis, bahsa alami, bahasa menu, ataupun bahasa perintah. Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang bahasa yang mencakup. Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah yang akan mengarahkan pengguna ketika pengguna berurusan dengan komputer.
BAB III
KESIMPULAN
Interaksi manusia dan komputer (IMK) adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem antarmuka (interface). IMK di pengaruhi oleh bidang ilmu komputer, ilmu psikologi kognitif dan ilmu ergonomic dan linguistik.
REFERENSI
Rubenstein David. 2003. Kedokteran Klinis. Edisi VI. Jakarta : Erlangga.
Harwoord-Nuss. 2010. Clinical Practice Of Emergency Medicine. Edisi V. Philadelpia : Wolter Kluer Bussiness.
Kartini Kartono, Dali Gulo. 1987. Kamus Psikologi. Universitas Michigan : Pionir Jaya.
www.google.com
Thursday, 6th january 2011
Lia aulia fachrial
15509806
2 pa 01
hmmm...
BalasHapus